PUTERI PENGGING

Dari sekian ratus bahkan ribuan teman dan kenalan Anda dari Social Network seperti  Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Indonesian Cupid, Yuwie, Foursquare dan lain-lain, mungkin sudah banyak yang tahu dan bahkan Anda mengalami sendiri akhirnya bisa kenal lebih dekat dan akrab dengan seseorang yang tadinya hanya kenal melalui situs-situs pertemanan seperti telah saya sebut di atas.

Berawal dari media internet itulah, Sutradalang mau cerita sedikit nih tentang sosok yang belakangan ini dekat dengan penulis (enaknya menyebut diri saya ini dengan “Penulis” atau “Saya” ya). Tapi baiknya menggunakan “Saya” aja deh kalo begitu, kalo penulis kok belum kelihatan mumpuninya. Lanjut ya..nah pada saat itu memang - bahkan sampai saat ini - negara kita lagi booming yang namanya Facebook yang penggunanya lazim disebut dengan Facebooker, tak ketinggalan saya pun ikut - ikutan membuat akun  Facebook - itupun atas dorongan dan saran teman YM - . Karena pada saat itu saya lagi seneng-senengnya utak atik blog di Blogspot. Jadi nggak ada salahnya akhirnya saya juga bikin akun tersebut.

Setelah melewati beberapa bulan saya gabung di Facebook, sekitar akhir bulan Oktober 2009 secara tidak sengaja saya menemukan (kok menemukan, kan nggak ada yang hilang) sosok Perempuan yang barengan dengan saya memberi komentar di status teman (Duh lupa di status apa photo ya), tapi yang jelas komentar beliau ini sangat menarik dan menggelitik hati Saya. Tanpa menunggu lama-lama saya pun Googling di Search Engine-nya mbah Goooogle, siapa tahu ada informasi yang lebih detil tentang sosok yang saya maksud ini, dan ketika saya dapatkan result setelah mengetikkan namanya ternyata ada banyak link yang mencantumkan nama beliau, dan yang paling membuat saya tertarik dengan sosok. Perempuan ini adalah beliau juga mempunyai sebuah Blog dengan judul  Sestri News, wah bagus dan menarik juga nih blog, pikir saya. Akhirnya tak lama kemudian saya add akun Facebooknya.




Yah beliau yang bernama lengkap Francisca Sestri ini ternyata memang bukan orang biasa dan tak berlebihan kalau saya bilang beliau adalah perempuan hebat. Dan dari sekedar komentar, sentilan-sentilan lucu dan ringan sampai yang kelas berat karena - misalnya - masalah Nasional Kebangsaan (kadang pusing harus mikir lama, sambil garuk-garuk kepala yang nggak gatal) untuk memberi reply komentarnya, akhirnya saya bisa lebih dekat dengan beliau, bahkan di awal-awal berteman dengan nada bercanda sampai saya di bilang,”Kamu itu kok ngintil wae yen aku bikin status atau upload-upload”. (Maksudnya itu kok ya selalu kasih komentar, usil,nggrathil dll), tapi saya cuma senyum-senyum aja.

Tapi justru dari sinilah keakraban dengan beliau yang dikenal energik, tegas dan disiplin ini muncul, sampai suatu saat Tuhan memberi kesempatan bertemu beliau (dengan jedindil dan kelaperan karena kehujanan) di Bandara Adi Sumarmo Solo pada bulan Januari 2010, tapi cuma sebentar karena pada saat itu beliau ada tugas di Semarang. Dengan segala kesan dan pesan (pesan bakso kali,kan laper) pada  saat ada Rakernas Mustika Ratu di Hotel Sheraton Mustika Jogja saya sempatkan untuk ketemu beliau lagi (dan lagi-lagi jedindil kehujanan) padahal sudah ditunggu bersama rekan - rekan beliau di Raminten, sebuah rumah makan yang unik dengan segala penyajian yang nyentrik, menu yang unik juga waiter/s yang unik dengan segala ke - kenthiran - nya dan terletak di belakang  Gramedia Jogjakarta.

Hingga suatu saat saya di undang ke Jakarta untuk silaturahmi dan bertemu dengan teman-teman Facebooker yang lain dan berkesempatan pula main kerumah, bertemu anggota keluarga beliau. Makanya sampai saat ini pun saya seperti punya keluarga baru, karena dalam satu kesempatan beliau dan rekan-rekan juga menyempatkan diri untuk memenuhi undangan saya, silaturahmi ke gubug saya (maksudnya rumah bapak dan ibu, karena saya belum punya rumah).

Masih banyak sebenarnya kejadian-kejadian lucu dan mengharukan selama saya menjalin pertemanan dengan beliau yang aslinya berasal dari Pengging ini, sebuah daerah yang sangat dikenal dengan peninggalan berupa Pemandian Raja Surakarta atau Umbul Pengging dan terletak di sebelah barat Kota Solo. Perempuan yang terlahir pada tanggal 08 Agustus 1959 ini juga dikenal sebagai penulis buku. Dan yang sudah terbit dan beredar di TB. Gramedia dan Kinokuniya dan di ulas pada Harian Kompas  yaitu, Tasika dan Kanti Redjeki yang banyak bercerita tentang kehidupan masa kecil, tentang keluarga terutama Ibu beliau hingga kiprah beliau dalam memajukan perekonomian Nasional melalui jabatan yang di embannya sekarang, yaitu sebagai salah satu General Manager di sebuah Perusahaan Swasta Nasional dan sebagai pengurus di beberapa organisasi seperti, GP-Jamu, PPA Kosmetika juga Yayasan Puteri Indonesia. Dan dari kedua buku tersebutlah saya juga mulai lebih tahu tentang latar belakang beliau yang secara singkat bisa saya sampaikan setelah menamatkan sekolah di SMA 1 Solo yang untuk alumninya tergabung dalam satu wadah bernama Kasmaji 77 (beKAs SMA siJI) kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Negeri 11 Maret (UNS Surakarta) Fakultas Ekonomi Manajemen tahun 1978 dan S2 bidang Marketing di Universitas Borubudur (UNBOR Jakarta) Selain itu pemikiran-pemikirannya juga di muat di harian Suara Karya dan Majalah Jafek.

Oh iya…Saya biasa memanggil beliau dengan sebutan Aunty (ya biar kayak orang londo-londo gitu lah, kalau orang Jawa ya Bu Lek atau Tante). Itulah sekelumit dua kelumit cerita dari cah nggunung, demit, genderuwo dll. (ha2..sering beliau memanggil saya dengan sebutan itu). Tapi nggak masalah, karena yang jelas menjadi satu kebanggaan buat saya telah mengenal sosok perempuan yang luar biasa ini dan karena saya pun telah dianggap sebagai bagian keluarganya. Yang dengan bijak, rendah hati, ramah dan tanpa pamrih selalu meluangkan waktunya untuk sekedar bercerita, diskusi memberi nasihat-nasihat atau pun sharing pengalaman-pengalaman hidup keseharian yang sangat berharga.

Terimakasih Aunty Sestri, semoga apa yang sudah di beri dan sampaikan sampai saat ini kiranya bisa menjadi inspirasi buat saya dan yang lainnya, dan tak lupa Saya sampaikan  Selamat Hari Ulang Tahun, semoga Tuhan berkenan memberikan panjang umur dalam kondisi yang sehat, sejahtera damai selamanya, Tuhan memberkati dan salam buat seluruh keluarga Amiin..amiiin.

See and Follow :



YouTube : Aunty Sestri FB : Francisca Sestri Twitter : @sestri_g Blogger : Sestri News Jafek : The Profile Kompas  : Sestri

Another Version, Click This : Pengging Princess

Do Not Miss It Posting Like This. Please Subscribe:



Related Articles:

5 Responses to "PUTERI PENGGING"

  1. Makasih, Naz, untuk ucapan ultahku. Semoga tulisan2mu bisa menginspirasi orang lain....

    ReplyDelete
  2. Amin...Sama-sama Aunty Sestri, hanya ini yg bisa saya sampaikan,sbg bentuk rasa hormat dlm asih sayang,tak lupa selalu mohon doa restunya..God Loves You.Oyah tulisan ini jg tak link di Pengging Princess juga di Yuwie

    ReplyDelete
  3. Bukannya dulu masuk diluar Renjana hati?

    ReplyDelete
  4. He2..tak ada yg di luar dan di dalam,karena Renjanahati adalah semua tentang keindahan

    ReplyDelete
  5. Renajana Hati blogs yang menginspirasi

    ReplyDelete